Survei: Jumlah Muslim di Dunia Sudah Menyalip Kristen

Bagikan

Berbagai survei dan data statistik menunjukan Islam adalah agama dengan pertumbuhan yang paling pesat di dunia. Khususnya setelah peristiwa 9/11 , banyak orang Amerika dan Eropa yang sebelumnya tidak mengenal Islam jusrtu berbondong-bondong ingin mengetahui Islam yang pada akhirnya mereka menemukan kebenaran Islam.

Menurut data UN (2012), sejak tahun 1989 sampai tahun 2012, perkembangan jumlah pemeluk agama Islam yang paling cepat terjadi di Australia  dan Oceania/Pacific 257.01%; kemudian berturut-turut diikuti oleh Eropa 142.35%; Amerika 25%; Asia 12.57%; Afrika 2.15%; dan Amerika Latin 4.73% (www.30-days.net).

Menurut The Almanac Book of Facts (2011), dalam sepuluh tahun terakhir, penduduk dunia bertambah sebanyak 137%. Di mana pemeluk agama Kristen bertambah sebanyak 46%. Sedangkan pemeluk agama Islam bertambah sebanyak 235% (www.geocities.com).

Sehingga disimpulkan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tertinggi di dunia, setiap tahunnya. Antara 1990 sampai 2000, diperkiraan sekitar 12.5 juta orang dari berbagai agama, pindah ke agama Islam. (Guinness Book of World Records,2011).

Baru-baru ini Pew Research lembaga survey yang berbasis di Amerika melaporkan proyeksi jumlah pemeluk agama-agama di dunia berdasarkan prosentasi tingkat pertumbuhan, salah satunya mengatakan jumlah penduduk muslim dunia akan menyalip jumlah penduduk kristen.

Namun yang membuat saya kaget adalah, ternyata saat ini jumlah muslim sudah menyalip kristen. Data ini disajikan oleh Relegious Population Worldwide (http://www.religiouspopulation.com).

statistik agama di dunia

“Saat ini populasi Muslim terdiri dari 2,08 miliar (29%) yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan 1,6-1,7 milyar. Sedangkan populasi Kristen adalah 2,01 miliar (28%). Menurut beberapa sumber, populasi Muslim di India, Cina, Nigeria, Tanzania, Ethiopia dan di beberapa negara lain ternyata ditampilkan kurang dari populasi yang sebenarnya mereka miliki. Di banyak bagian seperti Eropa [Cambridge University], Amerika Utara [CNN], Kristen semakin menjauh dari keyakinan agama mereka, sebaliknya diantara Populasi Muslim iman agama mereka semakin meningkat [CNN]”.

Memang benar, kalau kita melihat trend konversi dan jumlah mualaf yang semakin meningkat, serta banyaknya ateis di negara2 yang sebelumnya basis kristen, maka data di atas sangat mungkin benar.

Bagikan