Program Yayasan

Guna meningkatkan peran serta lembaga terhadap pemberdayaaan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya inembantu pemerirltah untuk memfasilitasi masyarakat pedesaan dan masyarakat kurang mampu yang dikategorikan dalam masyarakat pra sejahtera dan sejahtera I, maka yayasan berencana akan melakukan pengembangan dan pembangunan sarana dan pra sarana yang menuntut dukungan dan bantuan dari semua pihak.

Rencana yang tersusun dalam Garis- Garis Besar Program Kegiatan secara garis besar terdiri dari tiga program besar dan terencana serta memiliki keterkaitan :

Adapun program-program tersebut tertuang dalam :

1.   Program Jangka Pendek :

Yaitu program-program yang sifatnya mendesak mengingat kebutuhan dan kepentingan dari kegiatan tersebut.Program ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 6 sampai 12 bulan, yang meliputi :

Pengadaan Lahan Perluasan Pondok Pesantren. Dengan adanya kondisi perekonomian yang belum pulih maka berdasarkan penelitian dan pengamatan, tingkat kecenderungan anak  usia sekolah yang tidak melanjutkan semakin meningkat.

Melihat kondisi itu lembaga memandang perlu untuk menambah areal  pondok guna ikut  menyelamatkan generasi putus sekolali akibat situasi perekonomian ini.

Perekrutan Santri Dan Peserta Didik Baru.

Melihat kondisi tersebut diatas maka kami memiliki kewajiban untuk turut serta menampung kemudian mendidik masyarakat, utamanya anak-anak usia sekolah yang karena faktor ekonomi dan keterbatasan orang tua maka tidak dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.

Pembentukan Kelompok-Kelompok Belajar. Pembentukan ini sebagai tempat untuk mengadakan pembinaan akhlak dan moral masyarakat yang meski dalam kondisi sulit, untuk tetap taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.   Program Jangka Menengah :

Yaitu program-program kegiatan yang dilaksanakan sebagai kelanjutan dari program jangka pendek guna kesinambungan proses belajar mengajar yang dilaksanakan lembaga. Waktu pelaksanaannya adalah 1 sampai 3 tahun, yang meliputi :

Pengadaan sarana dan pra sarana belajar mengajar.

Dalam kaftan ini direncanakan dengan mendirikan unit bangunan baru yang terdiri dari dua lokal dengan empat ruangan untuk peserta belajar putra dan putri dengan menempati lahan yang diperoleh dari jangka pendek.

Pengadaan Staf Pengajar Dan Fasilitas Pendukung.

Hal ini ditempuh untuk mengantisipati meningkatnya peserta didik .

Pengadaan Peralatan Produksi Dan Peralatan Pertanian.

Guna menyalurkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang ada, maka perlu untuk dibekali dengan keahlian dalam bidang produksi dan pertanian, agar apabila telah menyelesaikan pendidikan di Yayasan Nurul Huda para santri memiliki kemampuan meningkatkan potensi yang ada dalam masyarakat.

3.   Program Jangka Panjang :

Yaitu program-program yang dilaksanakan sebagai bagian yang terintegrasikan dengan program jangka pendek dan program jangka menengah, guna tercapainya tujuan lembaga. Program ini selain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga juga diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan para sirnpatisan lembaga, para donatur dan seluruh pekerja sosial yang terlibat dalam interaksi lembaga.

Program ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 3 sampai 5 tahun. Kegiatan tersebut meliputi :

Peningkatan Akreditas Lembaga.

Dengan Akreditas lulusan dari Pondok Pesantren Nurul Huda , memiliki kesetaraan dalam pengakuan secara formal oleh pemerintah.

Peningkatan Manajemen Penddikan Secara Profesional dan Mandiri.

Hal ini ditempuh untuk menghadapi persaingan global baik dalam segi pendidikan itu sendiri maupun dalam persaingan dalam segi perekonomian, sehingga Diharapkan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan lembaga telah memiliki kemandirian dan profesionalisme yang patut dibanggakan oleh kita semua.

Adapun rencana secara terinci tertuang dalam program-program strategis lembaga yang akan selalu diperbaharui sesuai dengan progres yang telah dicapai dan dapat selalu dimonitor setiap saat.

Besar harapan kami bahwa Garis-Garis Program Kegiatan Lembaga yang telah diuraikan diatas mendapat dukungan dan bantuan sepenuhnya dari semua pihak sebagai upaya untuk turut serta menyelamatkan generasi bangsa Indonesia yang kita cintai.